Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Rabu, 21 Maret 2012

RPP DAN SILABUS TEMATIK 3 SD KELAS III SEMESTER 1 DAN 2

RPP DAN SILABUS TEMATIK 3 SD KELAS III SEMESTER 1 DAN 2

Diposting oleh Nur Afifuddin
SMA 1 Gebog Kudus

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK


Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI

I. PKn
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II. IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

III. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

IV. Matematika
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

V. IPA
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

II. KOMPETENSI DASAR

1. PKn : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-
sehari

2. IPS : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

3. B. Indonesia : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
mempersatukan bangsa
- Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
- Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
- Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
lingkungan rumah

2. IPS : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
- Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
anginnya
3. IPA : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,
satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
- Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
- Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV. MATERI POKOK
1. PKn
• Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
• Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
• Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
• Perubahan pada makhluk hidup
• Sifat-sifat benda
4. Matematika
• Garis bilangan
• Penjumlahan dan pengurangan
• Perkalian dan pembagian
• Uang
• Alat ukur
• Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
• Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
• Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
• Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
• Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
• Menjelaskan isi teks.

V. METODE PEMBELAJARAN
• Informasi
• Diskusi
• Tanya jawab
• Demontrasi
• Pemberian tugas

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi :
 Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
 Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
 Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
 Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
 Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
 Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup
PKn
 Guru menerangkan tentang negara Indonesia
 Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
 Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
Matematika
 Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
 Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan

Jika menghendaki Silabus dan RPP TEMATIK 3 SD Kelas III semester 1 dan 2 silakan menghubungi / sms ke nomor 081228271157 atau email nurafifuddin@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi pemesanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar