Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Rabu, 21 Maret 2012

RPP DAN SILABUS TEMATIK 1 SD KELAS 1 SEMESTER 1 DAN 2

RPP DAN SILABUS TEMATIK 1 SD KELAS 1 SEMESTER 1 DAN 2

Diposting oleh Nur Afifuddin
SMA 1 Gebog Kudus

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK


Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
• Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
• Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
• Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
• Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
• Mengapresiasi karya seni rupa.
• Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi Dasar :
1. IPS :
• Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

2. IPA :
• Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3. PKN :
• Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4. Matematika :
• Membilang banyak benda .
• Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
• Membedakan bunyi bahasa.
• Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
• Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
• Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
• Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
• Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
• Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..

I. Tujuan Pembelajaran** :
• Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
• Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
• Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
• Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
• Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
• Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
• Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
• Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
• Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
• Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
• Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
• Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
• Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
• Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
• Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
• Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
• Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
• Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
• Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.

 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
• Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
• Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
• Hidup rukun dalam perbedaan
• Oprasi hitung.
• Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
• Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
• Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
• Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
• Membuat karya kerajinan .

III. Metoda Pembelajaran :
• Ceramah
• Diskusi.
• Tanya jawab.
• Demontrasi.
• Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
• Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
• Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
• Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa dapat Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
 Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
 Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
 Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
 Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
 Mengamati benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll )
 Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa ( meja, buku, tas, dll )
 Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
 Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
 memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
 memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan


Dan seterusnya ...
Jika menghendaki Silabus dan RPP TEMATIK 1 BERKARAKTER DAN BUDAYA BANGSA SD Kelas 1 semester 1 dan 2 silakan menghubungi / sms ke nomor 081228271157 atau email nurafifuddin@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi pemesanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar