Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Selasa, 20 Maret 2012

RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN (SBK) SD KELAS 3, 4, 5 dan 6 SEMESTER 1 DAN 2

RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN (SBK) SD KELAS 3, 4, 5 dan 6 SEMESTER 1 DAN 2

Diposting oleh Nur Afifuddin
SMA 1 Gebog Kudus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : ………………………………
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : III (tiga)/I (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi

I. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
• Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi dengan teliti ( carefulness) (NK: Ketelitian ( carefulness))
• Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi dengan percaya diri (NK: percaya diri (Confidence )
• Siswa dapat membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Praktik
4. Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
☺ Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Salam pembuka
3. Mengabsen siswa
4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5. Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
☺ Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
 memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
 Menonton dan mengamati karya seni rupa
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru
 Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi

V. Sumber/Alat/Bahan
• Buku paket SBK
• Standar Isi 2006
• Model Karya seni rupa dua dimensi
• Gambar dan foto karya seni rupa

Dan seterusnya ...
Jika menghendaki Silabus dan RPP SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN (SBK) BERKARAKTER DAN BUDAYA BANGSA SD Kelas 3, 4, 5 dan 6 semester 1 dan 2 silakan menghubungi / sms ke nomor 081228271157 atau email nurafifuddin@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi pemesanan.

1 komentar: