Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Minggu, 11 Maret 2012

RPP DAN SILABUS MATEMATIKA SMP KELAS 7, 8 DAN 9 SEMESTER 1 DAN 2

RPP DAN SILABUS MATEMATIKA SMP KELAS 7, 8 DAN 9 SEMESTER 1 DAN 2

Diposting oleh Nur Afifuddin
SMA 1 Gebog Kudus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)

Standar Kompetensi :BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Alokasi Waktu : 13 jam pelajaran (7 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama :
o Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
o Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
- Pertemuan Kedua :
o Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
o Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
- Pertemuan Ketiga :
o Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
- Pertemuan Empat :
o Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat secara Disiplin ( Discipline )
- Pertemuan Kelima:
o Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.
o Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
o Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.
- Pertemuan dan Keenam:
o Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
o Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
o Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
- Pertemuan Ketujuh :
o Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.


 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B. Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a. Mengenal bilangan negatif.
b. Menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan bulat.
c. Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
d. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
e. Mengingat bilangan pecahan.
f. Mengenal pecahan biasa dan campuran.
g. Mengenal pecahan yang senilai.
h. Mengurutkan pecahan.
i. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya.
j. Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.
k. Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
l. Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
m. Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
n. Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
Metode Pembelajaran
 Ceramah,
 tanya jawab,
 diskusi,
 pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Kegiatan
 Pertemuan Pertama
A. Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
B. Kegiatan Inti :
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Sugi dan Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
 Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan
 melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
 menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
 memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 memfasilitasi peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
 Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan bulat dalam garis bilangan, pengurutan bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara bertanggung jawab ( responsibility );
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
 memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
 memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
 memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
 berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
 membantu menyelesaikan masalah;
 memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
 memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
 memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
 melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
 memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
 merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Dan seterusnya ..
Jika menghendaki Silabus dan RPP MATEMATIKA BERKARAKTER DAN BUDAYA BANGSA SMP Kelas 7, 8 IPA dan 9 semester 1 dan 2 silakan menghubungi / sms ke nomor 081228271157 untuk mendapatkan informasi pemesanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar