Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Selasa, 20 Maret 2012

RPP DAN SILABUS IPS SD KELAS 4, 5 DAN 6 SEMESTER 1 DAN 2

RPP DAN SILABUS IPS SD KELAS 4, 5 DAN 6 SEMESTER 1 DAN 2

Diposting oleh Nur Afifuddin
SMA 1 Gebog Kudus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 1 sampai 3 (3 minggu)

I. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
III. Tujuan Pembelajaran**
• Siswa dapat Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana dengan penanaman nilai ketelitian ( carefulness)

 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
 Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana
A. Pengertian Peta
Peta adalah gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan perbandingan tertentu. Di kelas tiga kamu sudah belajar tentang denah. Peta tak ubahnya seperti denah. Perbedaannya adalah peta menggambarkan tempat yang lebih luas. Selain itu peta harus dibuat dengan perbandingan tertentu. Perbandingan inilah yang disebut dengan skala. Skala mempunyai arti perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Peta dibuat dengan skala tertentu supaya dapat menggambarkan keadaan di permukaan bumi dengan ukuran yang tepat. Pada peta untuk menggambarkan obyek alam atau buatan yang ada di permukaan bumi digunakan simbol, misalnya:

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 3)
Pertemuan 1
• Kegiatan awal
- Tanya jawab seputar peta dan simbolnya
- Siswa diajak menyanyi lagu ”Dari Sabang sampai Mereauke”
• Kegiatan inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa dapat Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana secara Disiplin ( Discipline ) dan perhatian (respect) .
 memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya, secara hormat dan perhatian (respect ),.
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan dengan cara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan teliti ( carefulness).
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa ditugasi membaca lambang/simbol pada peta
 Menunjukkan tempat-tempat penting dalam peta
 membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
 memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline );
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
 memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
• Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Menugasi anak maju membaca peta dan menunjukkan tempat-tempat penting di daerah kabupaten/kota, dan provinsi tempat tinggalnya

Dan seterusnya ...
Jika menghendaki Silabus dan RPP IPS BERKARAKTER DAN BUDAYA BANGSA SD Kelas 4, 5 dan 6 semester 1 dan 2 silakan menghubungi / sms ke nomor 081228271157 atau email nurafifuddin@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi pemesanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar