Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Minggu, 29 Januari 2012

RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA SMA KELAS X, XI DAN XII SEMESTER 1 DAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
 Menjelaskan pengertian seni rupa terapan
 Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
 Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
 Menyebutkan model/corak ukiran Madura
 Menggambar motif-motif ukiran Madura
 Menyebutkan sikap apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
 Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
 Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
 Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
 Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
 Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
 Siswa dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

E. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2. Sikap apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3. Seni ukir Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)

F. Metode Pembelajaran
 Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka Terstruktur Mandiri
• Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
• Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat  Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
• Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura  Siswa dapat Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
 Siswa dapat Praktik menggambar motif cakra
• Siswa dapat Diskusi tentang sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura

Dan seterusnya ..
Jika menghendaki Silabus dan RPP SENI BUDAYA (SBK) SMA Kelas X, XI IPA dan XII IPA semester 1 dan 2 silakan menghubungi / sms ke nomor 081228271157 untuk mendapatkan informasi pemesanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar