Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Jumat, 25 November 2011

RPP Biologi SMA Kelas XI IPA Semester 1 dan 2

RPP Biologi SMA Kelas XI IPA Semester 1 dan 2
Dengan Eksplorasi, Elaborasi dan Kolaborasi beserta Nilai budaya dan karakter bangsa

Diposting oleh Nur Afifuddin
SMA 1 Gebog Kudus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan : 1. Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
2. Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
 Karakter siswa yang diharapkan :
 Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I. Indikator Pencapaian Kompetensi
• Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
• Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
• Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
• Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
• Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
• Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

II. Materi Ajar
• Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1. Membran sel
2. Sitoplasma
3. Inti sel
• Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
• Sel prokariotik dan sel eukariotik


III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka Terstruktur Mandiri
• Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan • Membuat peta konsep sel
• Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel
• Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel
• Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
• Membedakan struktur sel hidup dan sel mati
• Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
• Menentukan nama bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis • Siswa dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
• Siswa dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
• Siswa dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
• Siswa dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
• Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
• Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
• Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B. Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
• Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
• Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa membuat laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
• Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
• Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Dan seterusnya ....

Jika menghendaki secara lengkap silakan menghubungi/sms 081228271157 atau email nurafifuddin@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi cara pemesanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar