Loading...

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

MEMBUKA SELUAS-LUASNYA KEPADA SEMUA BLOGGER UNTUK BERPARTISIPASI

Cari Blog Ini

Memuat...

Laman

Total Tayangan Laman

Sabtu, 25 Juni 2011

PTK Ekonomi : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI TENTANG SIKLUS AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS XII-IPS SMA

PTK Ekonomi : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI TENTANG SIKLUS AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS XII-IPS SMA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia pendidikan membawa suatu kenyataan bahwa pendidikan hampir disemua negara didunia mendapatkan tempat yang strategis dalam pembangunan. Permasalahan pendidikan selalu muncul bersamaan dengan perkembangan dan peningkatan kemampuan siswa, situasi dan kondisi lingkungan sekitar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, pengaruh informasi, budaya serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kondisi siswa SMA .............., kelas XII IS1, sebelum diadakan penelitian menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, hasil ulangan harian masih dibawah KKM (KKM yang ditentukan untuk mata pelajaran Ekonomi 65) seperti data nilai ulangan harian yang telah dilakukan sebagai berikut:
a. Ulangan KD Ikhtisar Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, diikuti 32 siswa, Nilai rata-rata 69.22, Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60.
b. Ulangan KD: Penyusunan Kertas Kerja, peserta ulangan 32 siswa, Nilai rata-rata 60.00, Nilai tertinggi 90, dan nilai terendah 60.
Selama ini guru (peneliti) melaksanakan pembelajaran secara konvensional sehingga siswa merasa jenuh dan masih diterapkannya pendekatan ketrampilan proses dengan pembelajaran teoritis membuat pembelajaran menjadi tidak efektif dan para siswa merasa tidak senang berada di kelas. Beberapa upaya pemecahan masalah telah dilakukan pemerintah (Depdiknas) dengan melakukan beberapa pembaharuan antara lain dengan pemberian pendidikan dan pelatihan guna peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku-buku pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan sistem manajemen sekolah dengan MBS dan Manajemen Strategik, penyempurnaan kurikulum, kesemuanya diharapkan agar terwujud pendidikan yang berwawasan lokal, nasional dan global.
Sebagai konsekuensi dari semua itu, guru merupakan ujung tombak pencapaian dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang misi pembelajaran, guru merupakan titik sentral untuk merencanakan, mengatur, menyenangkan (joyfull learning) guna mencapai misi pendidikan nasional maupun misi institusi.Untuk itu guru dituntut untuk lebih profesional, perspektif, inovatif dan proaktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien.
Agar pembelajaran Ekonmi sub Akuntansi di SMA ..........., khususnya di kelas XII-IS 1 menjadi lebih menyenangkan, sehingga siswa dapat mengembangkan kreatifitasnya, peneliti akan menggunakan model pembelajaran Kontekstual Model pembelajaran Kontekstual dimaksudkan untuk dijadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator, agar proses pembelajaran lebih efektif dan dapat membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna, melakukan pekerjaan yang berarti, melakukan pembelajaran yang diatur sendiri, melakukan kerja sama, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, berpikir kritis dan kreatif untuk mencapai standar lebih tinggi dan menggunakan penilaian autentik.
Diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual siswa mengaitkan isi mata pelajaran dengan pengalaman mereka sendiri, mereka menemukan makna dan makna memberikan alasan pada mereka untuk belajar. Mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan seseorang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Kata konteks dipahami sebagai pola hubungan-hubungan didalam lingkungan langsung seseorang. Pembelajaran dan pengajaran kontekstual didasarkan pada pemikiran bahwa makna muncul dari hubungan antara isi dan konteksnya. Konteks memberikan makna pada isi. Semakin banyak keterkaitan yang diketemukan siswa dalam suatu konyeks yang luas semakin bermakna isi pelajaran bagi mereka (Elain B. Johnson, 2007: 34-35 penerjemah Ibnu Setiawan).
Aplikasi model pembelajaran kontekstual adalah dengan penggunaan kalkulator atau lembar kerja siswa. Dengan penerapan model pembelajaran ini diharapkan ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi sub Akuntansi bagi siswa kelas XII-IS1 SMA ............ dan seterusnya.

Jika teman-teman ingin memiliki PTK tersebut di atas secara lengkap BAB I s.d. V sms ke 081228271157 atau email nurafifuddin@yahoo.co.id untuk mengetahui cara pemesanan. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar